NAMA : ROHMATUN YULIANI
NIM : SIA 201029
MATA KULIAH : ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER
DOSEN : NAHAR MARDIYANTORO,M.Kom
1.

Pada program counter (PC) berisi adress instruksi ,kemudian processor akan mengambil instruksi dari memory pada lokasi yang ditunjukan oleh PC. Instrusi akan dimasukan ke dalam Instruction Register (IR) seperti pada step 1 gambar diatas, alamat 1940 pada memory diambil dan dimasukan pada IR dengan alamat yang sama yaitu 1940. angka 1940 yang ada pada IR diambil 3 digit terakhir yaitu 940 dimana pada alamat tersebut berisi angka 0003 pada memory ( lihat step 2 pada gambar di atas) yang kemudian dikirim ke CPU register berupa angka 0003 pada AC (Adress Controler) yang berfungsi untuk mengontrol perintah setalah selesai untuk melakukan perintak atau instruksi selanjutnya kemudian lihat pada memory dimana letak angkak 0003 berseberangan dengan alamat 301 yang berisi angka 5941, maka kita lihat pada step 3 gambar diatas menunjukan lokasi alamat 301 pada memory berisi 5941 yang pada CPU register dimasukan dalam instruction Register (IR) dengan angka yang sama 5941 kembali diambil 3 digit terakhir 941 yang pada alamat 941 pada memory berisi 0002 (step 4 pada gambar diatas) ambil 1 digit terakhir = 2 pada CPU register di dalam PC ada angka 301 ambil digit pertama 3 jadi 3+2 = 5 hasil pada AC 0005 yang dibaca digit terahir, kemudian data 2941 di main memory dgn alamat 302 oleh control unit akan di kirim ke CPU register pada instruction Register berisi data 2941 yang pada Adress Controler berisi data 0005 yang diambil dari alamat 941 pada main memory berisi data 0005 ( step 6 pada gambar di atas) pc counter alamat instruksi 302 .Processor melakukan tindakan yang diperlukan untuk kemudian membaca dan menyimpan instruksi tersebut untuk kemudian menyimpannya untuk nanti dibaca kembali. Processor mengambil data atau instruksi yang telah diolah dan tersimpan kemudian menuju ALU Aritmetical Logical Unit untuk memberikan instruksi yang diambil dan kemudian menuju ke PC program counter untuk mendapatkan alamat selanjutnya.
2. Keunggulan RISC dan CISC, satu kelebihan dari sistem RISC ini adalah kompailer hanya menerjemahkan instruksi-instruksi bahasa tingkat-tinggi ke dalam sebuah bahasa mesin. Karena panjang kode instruksi relatif pendek, hanya sedikit saja dari RAM yang digunakan untuk menyimpan instruksi-instruksi tersebut.procesor RISC hanya menggunakan instruksi-instruksi sederhana yang bisa dieksekusi dalam satu silkus. Rangkaian instruksi built-in pada processor yang terdiri dari perintah -perintah yang lebih ringkas dibanding CISC , masing-masing instruksi hanya membutuhkan satu siklus detak untuk eksekusi, maka seluruh program dapat dikerjakan dengan cepat. RISC juga tidak terlalu banyak memerlukan transistor dibandingkan dengan CISC, sehingga menyisakan ruangan untuk register-register serbaguna (general purpose register) . Selain itu karena semua instruksi dikerjakan dalam waktu yang sama yaitu satu detak , maka dimungkinkan untuk melakukan pipelinging.
Keunggulan CISC antara lain menekankan pada perangkat kerasnya, instruksi kompleks multi-clock, ukuran kode kecil namun kecepatan rendah antara memori-ke memori Load dan Store saling bekerjasama.
Pengambilan dari memory, operasi aritmetika, dan penyimpanan ke dalam memory, semuanya sekaligus hanya di dalam sebuah instruksi.
Pengambilan dari memory, operasi aritmetika, dan penyimpanan ke dalam memory, semuanya sekaligus hanya di dalam sebuah instruksi.
CISC dimaksudkan untuk meminimumkan jumlah perintah yang diperlukan untuk mengerjakan pekerjaan yang diberikan.(Jumlah perintah sedikit tetapi rumit). Konsep CISC menjadikan mesin mudah untuk diprogram dalam bahasa rakitan, CISC Sarat informasi memberikan keuntungan di mana ukuran program-program yang dihasilkan akan menjadi relatif lebih kecil, dan penggunaan memory akan semakin berkurang. Karena CISC inilah biaya pembuatan komputer pada saat itu (tahun 1960) menjadi jauh lebih hematD
3. Teknik Hyper-Threading merupakan sebuah teknologi yang diciptakan oleh intel corporation pada beberapa processor dengan arsitektur Intel NetBurst can Core, semacam intel Pentium 4, pentium D, Xeon dan Core2. Teknologi ini diperkenalkan pada bulan Maret 2002 yang mulanya hanya diperkenalkan pada processor Xeon (prestonia)
Prosesor dengan teknologi ini akan dilihat oleh sistim operasi yang mendukung banyak prosesor seperti Windows NT, Windows 2000, Windows XP Professional, Windows Vista dan GNU / Linux sebagai dua buah prosesor, meski secara fisik hanya tersedia satu prosesor. Dengan dua buah prosesor dikenali oleh sistem operasi, maka kerja sistem dalam melakukan eksekusi setiap thread pun akan lebih efisien, karena meskipun sistem-sistem operasi tersebut bersifat multitasking, sistem-sistem operasi tersebut melakukan eksekusi terhadap proses secara sekuensial (berurutan), dengan sebuah algoritma antrean yang disebut dengan dispatching algorithm.
4. Master_Slave Processing dan Symetrical Multiprocessing dalam Computer Cluster
Master_Slave Processing adalah model dari komunikasi dimana satu perangkat atau proses memiliki kontrol searah atas satu atau lebih perangkat lain. Tiap pemroses di berikan tugas khusus,pemroses utama mengendalikan system ,sedangkan pemroses lainnya menjalankan perintah dari pemroses utama.
Symmetrical Multiprocessing adalah sistem di mana setiap pemroses melakukan semua tugas melalui system operasi dan semua pemroses berderajat sama. Sistem ini melibatkan multiprosesor arsitektur perangkat keras komputer dimana dua atau lebih prosesor identik yang terhubung ke satu shared memori utama dan dikendalikan oleh contoh OS tunggal. Paling umum sistem multiprosesor saat ini menggunakan arsitektur SMP. Dalam kasus multi-core prosesor, arsitektur SMP berlaku untuk core, memperlakukan mereka sebagai prosesor terpisah. Prosesor mungkin saling berhubungan menggunakan bus,switch crossbar atau on-chip jaringan mesh.
5. Computer performance improvement , kinerja komputer menurun atau lambat mungin karena banyaknya program yang ada di komputer kita menyebabkan komputer jadii lambat, lemot, berat atau apaun istilahnya. Yang mungkin bisa kita lakukan antara lain mengurangi beban kinerja yang memakan memori seperti perintah crtl +alt+ del yang ditekan bersamaan task manager klik process.


Master_Slave Processing adalah model dari komunikasi dimana satu perangkat atau proses memiliki kontrol searah atas satu atau lebih perangkat lain. Tiap pemroses di berikan tugas khusus,pemroses utama mengendalikan system ,sedangkan pemroses lainnya menjalankan perintah dari pemroses utama.
Symmetrical Multiprocessing adalah sistem di mana setiap pemroses melakukan semua tugas melalui system operasi dan semua pemroses berderajat sama. Sistem ini melibatkan multiprosesor arsitektur perangkat keras komputer dimana dua atau lebih prosesor identik yang terhubung ke satu shared memori utama dan dikendalikan oleh contoh OS tunggal. Paling umum sistem multiprosesor saat ini menggunakan arsitektur SMP. Dalam kasus multi-core prosesor, arsitektur SMP berlaku untuk core, memperlakukan mereka sebagai prosesor terpisah. Prosesor mungkin saling berhubungan menggunakan bus,switch crossbar atau on-chip jaringan mesh.
5. Computer performance improvement , kinerja komputer menurun atau lambat mungin karena banyaknya program yang ada di komputer kita menyebabkan komputer jadii lambat, lemot, berat atau apaun istilahnya. Yang mungkin bisa kita lakukan antara lain mengurangi beban kinerja yang memakan memori seperti perintah crtl +alt+ del yang ditekan bersamaan task manager klik process.
Di sini dapat terlihat aplikasi yang memakan memori. Lakukan end process program-program yang tidak diperlukan.
bisa juga dengan cara mematikan Start-Up Application. StartUp Application adalah program-program yang berjalan otomatis ketika kita mulai menjalankan Windows. Cara untuk mematikannya:
“Start” >> “Program” >> “Startup” Lalu Delete semua icon yang ada di folder StartUp :
atau mungkin karena virus maka gunakan antivirus terupdate Yang lokal bisa pake Smadav/PCMav, yang internasional bisa pake AVG/Avast/BitDefender.
Bisa juga gunakan TuneUp Utilities program ini dapat menyelesaikan almost semua masalah penyebab komputer lambat.
Untuk Windows 7 bisa lakukan contoh berikut :
Control Panel >> Performance Information & Tools (manfaatkan fitur search)>> Adjust Visual Effects
Di tab “Visual Effects”, pilih “Adjust for best performance”. Atau di list yang terdapat di bagian bawah, silahkan uncheck tampilan visual yang tidak diperlukan. Karena semakin banyak yang di-check, maka semakin banyak memori yang digunakan.


Tidak ada komentar:
Posting Komentar