Minggu, 18 September 2011

BAHASA RAKITAN : PERINTAH STRING JUMP DAN COMPARE PADA ASSEMBLER

Dosen : Nahar Mardiyantoro,M.Kom

Dalam menyusun sebuah program atau procedure dalam bahasa rakitan dibutuhkan instruksi-instruksi . Instruksi atau perintah pada  mikro kumputer disusun dalam bentuk singkatan kata yang disebut dengan Mnemonic, yang disusun dalam kelompok tertentu dimana tiap kelompok memiliki pasangannya sendiri dan tidak dapat kita pisahkan semau kita. Berikut salah satu perintah yang menggunakan instruksi string yaitu compare dan mempraktekannya menggunakan turbo asembler seperti postingan saya yang lalu , jadi  masih ingat tentunya syarat apa yang dibutuhkan untuk menjalankan turbo asembler kan  ?
ok...langsung saja kita praktekan  contoh berikut :

.model small
.code
org 100h
Mulai :
    jmp proses
    bila db 5
    kal1 db 'sama$'
    kal2 db 'lebih kecil$'
    kal3 db 'lebih besar$'
       
Proses:
    mov al,bila
    cmp al,5
    je sama
    ja kecil
    jb besar
   
sama :  mov ah,09h
    lea dx, kal1
    int 21h
    int 20h

kecil : mov ah,09h
    lea dx, kal2
    int 21h
    int 20h

besar : mov ah,09h
    lea dx, kal3
    int 21h

    int 20h
End mulai

bila coding diatas kita praktekan maka akan ditampilkan "sama" seperti pada gambar berikut :
mengapa ? karena pada coding bila db 5 dan cmp al, 5 yang artinya apabila kedua bilangan tersebut dibandingkan / compare (cmp al) berarti sama
Lain lagi bila pada koding cmp al,5  kita ganti bilangannya menjadi 7 ( bilangan yang lebih besar dari bilangan a lihat pada bila db 5) maka jika dipraktekan hasil yang ditampilkan adalah "lebih besar" demikian juga bila kita masukan bilangan yang lebih kecil dari 5 maka yang ditampilkan adalah "lebih kecil". seperti pada gambar berikut :
jmp atau jump merupakan perintah lompat yang pada pascal dikenal dengan go to merupakan perintah kondisional karena tidak memerlukan syarat untuk melaksanakannya. sedangkan cmp = compare atau bandingkan , je = jump equal jika perintah yang digunakan hanya dua pembanding misal sama dan beda maka digunakan jne = jump not equal (lompat jika tidak sama maka...) sedangkan pada contoh diatas
pembanding yang digunakan ada 3 macam yaitu sama, lebih kecil dan lebih besar maka digunkan je (jump equal = lompat jika sama), ja (jump above = lompat ke atas) dan jb (jump bellow= lompat ke bawah).

oya hampir lupa diatas ada tanda '$' ternyata itu berfungsi untuk membatasi karakter karena jika tanda $ dihapus yang terjadi adalah munculnya karakter yang sangat banyak atau tidak terbatas. sedangkan kapasitas terbatas .


mov al bila berarti kerjakan al berisi bila sedangkan bila=5 ( bilangan a)
cmp al, 7  = bandingkan isi dari al  yaitu  5 banding 7

Lea = Load Effective Address berfungsi mentransfer opsan sumber 16 bit dalam memori ke tujuan 16 bit. lea dx, kal1 berarti dengan alamat kal1 akan dimasukan ke dx.

int 21h merupakan nomor interupsi dimana nama interupsi tersebut adalah DOS function services ,interupsi yang berarti menampilkan data agar dapat dibaca dan int 20h merupakan perintah cetak

jangan lupa untuk menutup coding dengan end mulai.

huffff.....masih banyak lagi nich yang harus dipostkan....hmmm...  semoga bermanfaat dech.. cU..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar